Back

Negara Tujuan Liburan yang Sudah Menyatakan Diri sebagai Destinasi Wisata Halal

Semakin meningkatnya populasi muslim di dunia, membuat banyak industri pariwisata melirik wisatawan muslim sebagai target pasarnya. Salah satunya adalah Indonesia yang saat ini sedang giat memasarkan wisata untuk wisatawan muslim hingga keluar negeri. Salamberkah.com menelusuri Selain Indonesia, ada beberapa negara lain yang turut menyatakan diri sebagai destinasi wisata halal.

1. Malaysia

Global Muslim Travel Index (GMTI) memberi peringkat pertama kepada Malaysia sebagai negara tujuan wisata yang paling ramah bagi wisatawan muslim, yaitu dengan poin sebesar 82,5 di tahun 2017.

Walaupun jumlah warga muslim di negara tersebut hanya sebesar 60% dari keseluruhan populasinya, Malaysia berhasil menyatakan diri sebagai destinasi wisata halal. Anda bisa dengan mudah menemukan masjid atau tempat untuk salat, termasuk berbagai restoran dengan menu makanan halal yang sudah mendapat sertifikasi dari Jabatan Kemajuan Islam Malasysia (JAKIM)

Untuk memaksimalkan pelayanan bagi wisatawan muslim, Malaysia juga meluncurkan hotel halal yang pengoperasian dan pelayanannya disesuaikan dengan syariat Islam.

2. Moroko

Hampir 99% warga Moroko memeluk agama Islam. Tidak salah jika wisata halal di Moroko menjadi semakin populer. Sejumlah penginapan di Moroko menyediakan paket tur halal untuk memenuhi kebutuhan liburan, seperti Le Vizir Center Park and Resort yang menyediakan kolam renang privat hususuntuk wanita. \

Semua makanan yang disajikan di hotel ini pun halal untuk disantap. Untuk menikmati pemandangan, Anda bisa mengunjungi kota Marrakesh dan kota Fes yang menawarkan keindahan bangunan bernuansa Islami.

3. Turki

Turki yang merupakan negara Islam menjadi salah satu tempat tujuan berlibur yang populer bagi umat muslim seluruh dunia. Lebih dari 80.000 masjid tersebar di Turki, jadi Anda tidak akan kesulitan menemukan tempat untuk menunaikan ibadah salat. Suara azan pun bisa terdengar dari mana saja.

Turki mempunyai sebuah masjid yang begitu bersejarah, yaitu Masjid Sultan Ahmed yang lebih dikenal dengan nama Blue Mosque (Masjid Biru). Masjid ini terletak di Istanbul. Jangan khawatir mengenai kulinernya, makanan yang dijajakan di negara ini bervarias—tergantung bagian Turki mana yang Anda kunjungi—dan semuanya halal.

4. Uni Emirat Arab (UEA)

Data Global Islamic Economy Report periode 2016-2017 menetapkan UEA (Uni Emirat Arab) sebagai negara tujuan wisata muslim yang paling ramah. Memiliki kemajuan dan kekayaan yang meningkat pesat, UEA menjadi pionir dalam industri wisata halal.

Banyak hotel halal bermunculan dan memberikan pelayanan serta fasilitas yang sesuai dengan syariat Islam. Hotel-hotel tersebut menyediakan tempat untuk salat, restoran halal, serta berbagai fasilitas lainnya seperti spa, kolam renang, dan gym yang memisahkan wanita dan pria. Hotel juga menawarkan tempat yang bebas alkohol, bar, klub malam, dan kasino.

5. Brunei Darussalam

Brunei menawarkan wisata halal bagi Anda yang ingin menjelajahi negara Islam yang modern dan toleran. Masjid dengan budaya dan arsitektur yang unik dapat dengan mudah ditemui. Untuk tempat menginap, hotel di Brunei menyediakan sajadah, petunjuk arah kiblat, dan bahkan Alquran di dalam kamar. Banyak makanan halal yang bisa Anda temui di Brunei dan semua makanan cepat saji yang ada di negara ini sudah memiliki sertifikat halal.

Kelima negara di atas merupakan sedikit dari banyaknya tempat yang menawarkan tur halal. Dengan adanya wisata halal, Anda tidak perlu lagi khawatir untuk menjalankan ibadah atau kesulitan mencari makanan halal saat sedang berlibur.  Share ya biar artikel ini mengalir terus sampai ke sahabat kita yang lain

Post a Comment