Back

Thailand Ingin Jadi Detinasi Liburan Muslim Seluruh Dunia

Tahukah Anda, saat ini jumlah penduduk muslim dunia telah mencapai kurang lebih 1,6miliar atau 23 % dari total populasi global. Di ASEAN sendiri, dari sekitar 650 juta penduduk, 46 % di antaranya adalah muslim. Ini merupakan potensi market yang besar. Menyadari hal ini, Thailand sebagai salah satu negara di Asia Tenggara pun tak ragu untuk terus berbenah, terutama dalam hal promosi sebagai salah satu destinasi liburan muslim terbaik didunia. Berikut ini adalah beberapa strategi yang dilakukan Thailand untuk menjadi negara tujuan wisatawan muslim dunia.

Kerja sama Dunia Bisnis, Pemerintah dan Komunitas

Menjadikan Thailand sebagai negara tujuan wisatawan Muslim dunia tentu bukan hal yang mudah. Tanpa kerja sama banyak pihak, cita-cita tersebut sulit diwujudkan. Negeri Gajah Putih ini pun terus menginisiasi kerja sama dan sinergi yang kuat antarpihak. Baik dunia bisnis, pemerintah hingga komunitas masyarakat Thailand yang multi-budaya harus memahami potensi wisata halal dan berinvestasi secara serius di bidang ini.

TAT atau The Tourism Authority of Thailand dan Halal Science Centre Universitas Chulalongkorn bekerja sama menyelenggarakan seminar khusus tentang wisata halal di Thailand pada acara Thailand Halal Assembly 2017 di Bangkok. Seminar ini penting untuk mengajak banyak pihak, baik aktor bisnis maupun masyarakat, untuk membangun kerja sama yang baik di tengah semakin meningkatnya jumlah wisatawan muslim di dunia.

Pariwisata halal tak hanya tentang menyediakan destinasi liburan muslim yang halal, tetapi juga menyediakan makanan halal, kenyamanan beribadah, kegiatan yang atraktif, serta akomodasi lain yang diperlukan. Artinya Thailand harus mampu mendorong pelaku usaha makanan, operator wisata, hotel dan fasilitas publik lain agar semakin ramah muslim.

Membangun Sistem untuk Wisata Ramah Muslim

Thailand tidak setengah-setengah dengan mimpinya menjadi negara tujuan wisatawan muslim dunia. Untuk memberi kemudahan bagi wisatawan muslim, TAT bahkan menyediakan aplikasi Thailand Muslim Friendly Destination. Aplikasi gratis ini bisa membantu Anda menemukan masjid, hotel ramah muslim, restoran halal, dan informasi lainnya. Menarik sekali bukan?

Di Thailand, Anda juga bisa menikmati fasilitas rumah sakit yang ramah muslim, seperti Bumrungrad International Hospital dan Bangkok Hospital. Rumah Sakit tersebut memberikan pelayanan bagi wisatawan muslim yang datang ke Thailand untuk mendapatkan pengobatan terbaik.

Selain itu, keberadaan hotel yang ramah muslim juga semakin menjamur. Di sana Anda tak perlu bertanya lagi apakah makanan yang disajikan halal atau tidak karena mereka telah membuat sistem yang menyeluruh agar bisa menyajikan segala yang halal bagi pengunjung. Akomodasi tersebut umumnya juga menyediakan fasilitas kolam renang dan spa dengan waktu yang diatur agar laki-laki dan perempuan dapat berenang dengan nyaman dan terpisah.

Nah, dengan sekian banyak strategi di atas, kini Thailand semakin siap untuk menyambut wisatawan muslim dari seluruh penjuru dunia. Negeri ini pun akan menjadi destinasi liburan Muslim favorit. Anda tidak hanya bisa menikmati objek wisata alam dan budaya yang menakjubkan namun mendapatkan kenyamanan sepenuhnya dalam momen liburan yang tak terlupakan. 

Jika artikel ini dirasa bermanfaat, jangan hanya simpan sendiri ya. Share juga ke teman-teman dan keluarga!

Post a Comment